Pernah diminta secara mendadak untuk mengisi sebuah forum, training, acara, dan sejenisnya?

Pernah diminta untuk diminta menyampaikan sepatah dua patah kata dalam sebuah forum secara mendadak?

Jawabnya tentu PERNAH!

Dalam berbagai kesempatan dan pengalaman yang pernah dialami penulis, seringkali ada beberapa teman, rekan, dan lainnya yang meminta secara ‘mendadak’ kepada penulis untuk mengisi forum, acara, training, dan lainnya yang diadakan oleh teman, rekan penulis tadi.

Permasalahan datang ketika permintaan untuk mengisi ini secara mendadak disampaikan kepada penulis sedang penulis belum menyiapkan apapun. Bahkan penulis pernah diminta mengisi sebuah forum, 1 jam sebelum forum itu mulai. Padahal penulis belum menyiapkan materi, apa yang ingin disampaikan, dan lainnya. Namun, penulis tetap mengambil kesempatan tersebut walau dikata nekat atau mungkin ga waras. Dan Alhamdulillah, forum tersebut sukses dan berhasil. Kenapa? Kok bisa? Ga mungkin ah!

Nah, berikut beberapa tips untuk anda ketika berhadapan dengan kondisi persis seperti yang penulis alami tadi. Kondisi ketika anda diminta untuk mengisi sebuah forum secara mendadak. Sila disikat dan disimak…

  • Tetap tenang, tidak perlu panik

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah tetap tenang, tidak perlu panik, sesak napas, apalagi sampai pingsan. Stay cool dan segera pikirkan langkah – langkah untuk menyelesaikan tantangan yang ada di depan anda. Segera terima kesempatan itu –walau mendadak- kemudian segera siapkan langkah untuk menghadapinya. Karena ketenangan adalah sumber dari kesuksesan.

  • Segera tentukan tema dan judul yang ingin disampaikan

Segera berpikir cepat walau sambil beraktivitas untuk menentukan tema dan judul apa yang ingin anda sampaikan di forum nanti. Tidak perlu memikirkan terlalu jauh tentang kerumitan materi, mencari bahan, dan lainnya. Secepatnya anda harus memutuskan tema dan judul yang ingin anda sampaikan, yang menurut anda paling pas sekaligus paling mudah untuk anda persiapkan. Jangan perumit diri anda dengan pertimbangan – pertimbangan untuk memilih tema dan judul yang justru berujung pada kebingungan dan kekesalan dari anda sendiri.

  • Buatlah sebuah outline poin – poin dari materi anda

Usai menuliskan dan menentukan judul materi anda. Segera tentukan poin – poin yang ingin anda sampaikan secara garis besar. Dalam hal ini, poin yang dimaksud adalah sistematika berpikir apa yang ingin anda sampaikan nantinya kepada audiens. Cobalah membuat sistematika seperti ini : Masalah – Fakta – Solusi – Penutup. Tidak perlu banyak, pastikan sesuai dengan waktu persiapan yang tersedia untuk anda.

  • Cari dan baca bahan – bahan yang berhubungan dengan poin – poin materi anda

Buka laptop anda dan segera cari bahan – bahan yang sesuai dengan poin – poin yang ingin anda gunakan di internet. Jika anda mempunyai buku, artikel, makalah, dan lainnya segera keluarkan pula. Kemudian baca semua artikel, bahan, dls yang menurut anda sesuai dengan poin – poin yang ingin anda sampaikan. Hal ini sebagai persiapan untuk anda membuat pengembangan bagi poin – poin materi yang sudah anda buat.

  • Simpan bahan – bahan tersebut

Segera simpan bahan tersebut dan dibawa ketika anda nanti menyampaikan materi yang ingin anda sampaikan. Nantinya akan sangat berguna untuk mendukung anda dalam menyampaikan materi, dan juga mengantisipasi berbagai macam pertanyaan yang mungkin hadir nantinya.

  • Masukkan ke dalam poin – poin materi anda untuk pengembangan

Bahan – bahan yang sudah anda baca tadi segera ditentukan yang mana yang akan anda masukkan sebagai bahan pengembangan bagi poin – poin yang sudah anda tentukan tadi. Tidak perlu semuanya, pastikan yang penting dan krusial yang anda masukkan sebagai pelengkap dan penjelas dari poin yang sudah anda tentukan.

  • Andapun telah siap

Dan andapun telah siap. Berikutnya tinggal bagaimana anda mengembangkan materi yang sudah anda siapkan tadi.

Saran penulis, jika anda ingin melatih kemampuan berbicara anda di depan umum, maka segera saja terima semua kesempatan yang datang kepada anda yang memungkinkan anda untuk berbicara di depan umum walau anda belum berada pada posisi yang siap perang.

Walau mendadak, tentu bisa kita siapkan, karena itulah tips – tips di atas hadir untuk anda demi mempermudah persiapan anda untuk menghadapi kesempatan berbicara di depan umum yang kadangkala tak terkira datangnya.

Saran lainnya, jika memang persiapan anda sangat sedikit sekali maka sampaikan materi anda secukupnya, kemudian perbanyaklah diskusi dengan audiens. Cara seperti ini akan sangat membantu anda untuk mengembangkan materi yang anda sampaikan berdasarkan pada apa respon dari audiens, dan dengan cara seperti ini anda akan lebih dipercaya oleh audiens anda bahwa anda memang siap untuk menyampaikan materi ke depan mereka.

Inilah beberapa tips dari penulis. Semoga berkah dan bermanfaat. Jika ada opini lain, pertanyaan, dan lainnya silahkan coretkan jejak anda di kolom komentar ya. Terimakasih..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.